Senin, 01 Oktober 2012

pengertian sistem

Pengertian Sistem


Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi..
Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Sistem menurut para ahli diantaranya adalah:
1.      Pengertian sistem menurut Jogiyanto
“Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”. [Jogiyanto (2005:1)].
Kesimpulan dari keterangan diatas adalah bahwa suatu system merupakan elemen yang   saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2.      Menurut O’Brien (2005,p5) “sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan,bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur”
3.      Menurut John Mc Manama
Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan,yang bekerja suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.
  1.   C.W. Churchman. Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan tertentu.  
  2.  L. James Havery
     Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian   komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

Sumber :
             3.       http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar