Senin, 01 Oktober 2012

pengertian informasi


Menurut  wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Informasi merupakan pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.
Kata informasi sendiri berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan
Pengertian informasi secara umum
Infomasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memili arti bagi penerima dan dapat berupa fakta sehingga memiliki manfaat bagi pengguna informasi. Jadi ada suatu transformasi data menjadi suatu informasi yaitu input – proses – output.
Pengertian informasi menurut para ahli
  1. Suyanto
“Informasi adalah data yang telah diletakan dalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang dikomunikasikan kepada penerima utuk digunakan dalam pembuatan keputusan.” (Suyanto, 2000:6)
  1. Menurut buku yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi ,mendefinisikan informasi sebagai berikut “ Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti  bagi penerimanya.” (Hartono, 2005:8)
  2. Menurut buku yang bejudul Sistem Informasi Akuntasi mendefinisikan informasi sebagai berikut “ Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat .” (Susanto, 2004:46)
  3. Shannon dan Weaver [1949] didukung analisis tripartit mengenai informasi menjelaskan mengenai pengertian informasi, yakni:

·         Masalah teknis yang berkaitan kuantifikasi informasi;
·         Masalah semantik berhubungan dengan makna dan kebenaran; dan
·         Apa yang disebut masalah “berpengaruh” tentang dampak dan efektivitas informasi tentang perilaku manusia,yang menurutya harus memainkan peran yang sama pentingnya satu sama lain.
  1. Menurut Krismiaji dalam Zabaer (2005:15), “Informasi adalah data yang telah diorganisasi,dan telah memiliki kegunaan dan memiliki manfaat.”
  2. Menurut Indrajit dalam Zubair (2005:9)”Informasi adalah hasil pengolahan data yang secara prinsip memiliki nilai atau value yang dibandingkan dengan data mentah ”



  1. Gordon B. Davis
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
  1. ROBERT G. MURDICK
Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan.
  1. MC LEOD
Infomasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.
  1. FIRMANZAH
Informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.


Sumber

  1. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2124388-pengertian-sistem-informasi-menurut-para/#ixzz27vVN7TOs
  2. http://www.pemustaka.com/pengertian-dan-istilah-informasi.html
  3. Buku Analisis dan Desain Sistem Informasi
  4. Buku Sistem Informasi Akuntasi
  5. http://www.sisilain.net/2011/08/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html
  6. http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar