Senin, 01 Oktober 2012

pengertian akuntansi


Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis".[1] Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan

Pengertian Akutansi menurut para ahli
  1. Menurut Sofian S.Harahap
Mengatakan “akuntansi adalah sei pencatatan,pengolahan,dan pengiktisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter ,transaksi yang umumya bersifat keuangan termasuk penafsiran hasil – hasil.” (Sofian S. Harahap, 1994 : 12)
  1. Menurut American Accounting Association ( AAA )
mendefinisikan “akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.”
  1. Accounting Principle Board Statement No. 4 (Muhammad, 2002:10)
mendefinisikan akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif.
  1. Littleton (Muhammad, 2002:10)
mendefinisikan: “tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.”
  1. Warren dkk (2005:10)
menjelaskan bahwa: “secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.
  1. Menurut Widjaya Tunggal
"Akuntansi sering kali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan (language of business) yang berguna untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini merupakan data yang disajikan/diperoleh perusahaan yang bersifat keuangan dan dinyatakan dalam istilah-istilah moneter.”
  1. Menurut Arnold
Definisi akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk menyediakan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

  1. Dalam statement Trueblood Committe Report 1972 disebutkan bahwa salah satu tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi yang berguna untuk menilai kemampuan menajemen menggunakan kekayaan perusahaan secara efektif dalam mencapai tujuan utamanya. Dalam konteks ini akuntansi dianggap sebagai sarana manajemen untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki.
  2. Menurut A.L. Haryono Jusuf adalah:
“Suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan dari suatu organisasi.”
  1. Menurut Ahmad Belkaoui
terdapat beberapa citra yang menggambarkan sifat-sifat akuntansi, antara lain akuntansi sebagai suatu bahasa bisnis karena ia mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak lain.
Sumber :

  1.  http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2061502-pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli/#ixzz27vhdGhvK
  2. http://rahasiaakuntansi.blogspot.com/2010/03/definisi-akuntansi-menurut-para-ahli.html
  3. http://romannurbawastore.wordpress.com/2012/05/05/definisi-akuntansi-menurut-para-ahli/
  4. http://magfirahathar.blogspot.com/2009/11/pengertian-akuntansi-menurut-ahli-ahli.html
  5. http://sobisy.blogspot.com/2009/08/pengertian-umum-akuntansi.html
  6. http://dahlanforum.wordpress.com/2008/04/21/pengertian-laporan-keuangan-2/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar