Rabu, 14 November 2012

Hambatan Pasif pada Sistem

           Hambatan-hambatan pasif meliputi masalah-masalah seperti gangguan pada tenaga dan perangkat keras. Pengendalian pada hambatan-hambatan semacam itu dapat bersifat preventif maupun korelatif Toleransi kesalahan dalam hal kegagalan sumber tenaga dilakukan dengan membuat pasokan uninterruptable power supply (UPS). Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada hambatan pasif yaitu pada perangkat keras dapat dilakukan dengan cara full backup data.

            Kriminalitas berdasar computer merupakan bagian dari masalah umum kejahatan kerah putih. Masalah kejahatan kerah putih ini sangat serius. Statistic menunjukkan bahwa kerugian-kerugian perusahaan disebabkan oleh adanya pencurian dan penggelapan yang meningkatkan total kerugian karena meningkatnya penyuapan, pencurian, dan pengutilan. Ini tampak mengejutkan, karena kita jarang membaca kejahatan seperti itu dikatakan sebaagi penggelapan di Koran-koran. Ini karena, dalam sebagian besar kasus, penipuan yang berhasil dideteksi tidak pernah diperhatikan karena masyarakat bisa menunjukkan kelemahan pengendalian intern dalam organisasi itu sendiri. Para manajer cenderung malu jika ada publikasi negetif yang datang dari masyarakat.

         Keamanan computer merupakan masalah internasional. Oleh karena itu, banyak negera memiliki undang-undang yang berkaitan langsung dengan masalah kemanan computer, beragam hokum, peraturan, dan pernyataan dikeluarkan untk mengatasi masalah kriminalitas computer. Lebih jauh, computer Fraud and abuse act 1986 membuat peraturan kriminalitaskomputer yang mencakup tindakan-tindakan seperti akses data ke computer lembaga keuangan, pemerintah daerah, atau pengoperasian computer antar daerah atau dengan Negara lain dalam urusan komersial yang tidak sah. Penerobosan terhadap password juga dilarang. Tindak kejahatan ditentukan dengan adanya kerusakan bernilai $1000 atau lebih pada perangkat lunak, pencurian barang, jasa, atau uang, atau akses tidak sah ke system dicuri, dan pelanggar mendapat hukuman 1 samapi 5 tahun penjara.
    National Commission on Fraudulent Financial Reporting (Treadway Commission) telah menerangkan hubungan penipuan oleh manjemen dengan kriminalitas computer.

         Penipuan manajemen
Adalah tindakan-tindakan penipuan yang dilakukan oleh para manajer untuk mengelabui para investor dan kreditor dengan menggunakan laporan keuangan yang keliru. Jenis penipuan ini dilakukan oleh orang yang mempunyai tingkatan cukup tinggi dalam organisasi untk mengatur pengendalian akuntansi. Manajemen dapat juga melakukan pengeliruan atau penghilangan lain yang dapat mengelabui karyawan atau investor, tetapi intinya, penipuan manajemen berkaitan dengan manipulasi terhadap laporan keuangan.

sumber :
1. http://ovioktaviadewi.wordpress.com/2012/06/27/internal-control/
2. http://dhartoni.blogspot.com/2011/11/sistem-informasi-manajemen-sim.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar